Presiden Brasil Kawal Kasus Alex Goncalves Vs TIRA Persikabo

By ommed


nusakini.com - Perseteruan antara Alex Goncalves dan mantan klubnya, TIRA Persikabo mendapat perhatian khusus dari presiden Brasil, Jair Messias Bolsonaro.

Kasus ini bermula dari dari pemotongan gaji sebesar 75 persen yang dilakukan oleh klub. Manajemen TIRA Persikabo menegaskan bahwa yang mereka lakukan sudah sesuai dengan ketentuan yang diatur PSSI untuk Liga 1 2020 yang terkena dampak pandemi COVID-19.

Alex sendiri mengklaim tidak diberitahu dan tak menyetujui kebijakan tersebut, sempat mencurahkan unek-uneknya di laman media sosial sebelum kemudian membawa masalah tersebut ke Badan Sengketa FIFA, melalui pengacaranya Pedro Macierinha.


Manajemen TIRA Persikabo menyayangkan aksi striker asal Brasil itu karena dianggap mencemarkan nama baik klub dan presiden Laskar Padjajaran, Bimo Wirjasoekarta, hingga melaporkannya ke polisi.

Tak hanya sampai ke FIFA, tapi kasus ini juga mendapat perhatian khusus dari presiden Brasil, Jair Bolsonaro, yang membagikan perkembangan situasi sang pemain melalui akun Instagram miliknya.



"Kedutaan Brasil melaporkan bahwa ia bersama pihak kedutaan Indonesia pada tanggal 6 dan 7 Desember, didampingi oleh seorang pengacara dan perwakilan pemerintah Brasil," tulis orang nomor satu Brasil tersebut.

"Jika tidak ada kendala hukum pengawasan, ada kemungkinan ia akan dapat meninggalkan negara itu [Indonesia] pada 13 Desember."

"Kedutaan besar Brasil telah mendampingi sang pemain dan memberikan semua dukungan yang diperlukan."

Buntut dari polemik ini, pemain berusia 31 tahun tersebut tidak bisa membela Persita Tangerang dalam lanjutan Liga 1 musim 2021/22 karena paspor dan visa kerjanya di Indonesia yang habis pada Oktober lalu ditahan. (gi/om)